PASAR DAERAH YANG DIKELOLA DISKOPERINDAG KABUPATEN PEMALANG

EMALANG – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang Hajjah Irna Junaedi gencar melakukan sosialasi garam beryodium merk Murni hasil produksinya kepada masyarakat  di sejumlah pasar-pasar tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Pemalang.

Sosialisasi garam ini dikemas dalam kegiatan grebeg pasar di Pasar Paduraksa wilayah Kecamatan Pemalang. Hadir dalam kegiatan itu  Kepala Diskoperindag Tri Setyawati SIP MSi, istri Sekda Diah Widiharti, Camat Pemalang Syaifudin HambaliSH MSi, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pemalang Emy Syaifudin, Muspika dan Kepala  Pasar, sejumlah dinas dan instansi serta jajaran Kelurahan Paduraksa, warga setempat dan sejumlah anggota Forum Pemalang Sehat.

 

Dalam kegiatan grebeg pasar, sebelumnya oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang Hj Irna Junaedi berkeliling pasar untuk melakukan sosialisasi garam beryodium dengan membagi-bagikan garam merk Murni kepada warga dan para pengujung Pasar Paduraksa.

 

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon di lingkungan pasar secara bersama-sama sebagai upaya untuk menciptakan pasar yang bersih dan sehat. Juga dilanjutkan dengan uji tester kadar garam beryodium yang ada di pasar yang tujuannya

 

agar masyarakat mengetahui kandungan yodium yang pada garam- garam merk lain di pasar. Dan kegiatan cuci tangan pakai sabun yang dilakukan dalam bentuk lomba dan penyerahan alat dan kelengkapan kebersihan kepada Kepala Pasar setempat.

 

Ketua Tim Penggerak PPK Kabupaten Pemalang Hajjah Irna Junaedi mengatakan kegiatan grebeg pasar ini selain untuk menyosialisasikan garam beryodium merk Murni juga untuk silaturahmi dengan warga masyarakat khususnya yang ada di Pasar Paduraksa.

 

Menurutnya, garam beryodium merk Murni ini memiliki kadar sesuai standar nasional yaitu 50,58 PPM diatas garam-garam merk lain yang dijual di pasar-pasar. Sebab, berdasarkan uji tes kadar yodiumnya yang baru disaja disaksikan bersama bahwa kandungan yodium merk lain ada yang hanya 8 PPM dan ada juga yang 15,27 PPM.

 

Padahal sesuai standar itu antara 30 hingga 80 PPM. Dengan dibuktikannya kandungan yodium yang ada pada garam-garam merk lain yang jauh dibawah standar maka warga yang telah menggunakan garam tersebut ternyata selama ini telah dibohongi. Sehingga Irna mengajak kepada seluruh warga untuk bisa menggunakan garam merk Murni, yang harganya tidak bea jauh dengan merk garam lain.

 

“Kurangnya kandungan yodium pada garam tentunya akan berakibat pada kesehatan pada tubuh yaitu akan menyebabkan terkena penyakit gondok. Makanya warga jangan sampai terpengaruh dengan garam harga murah,” katanya.

 

Sebab lanjut Irna, jika warga masih menggunakan garam yang tidak beryodium dan hanya karena harga murah maka akan mempertaruhkan kesehatan anggota keluarganya. Oleh karena itu dengan kegiatan sosialisasi garam beryodium ini sebagai salah satu bentuk dan wujud untuk menciptakan Pemalang yang sehat sesuai visi misi Kabupaten Pemalang yaitu Pemalang  yang sehat, cerdas, berdaya saing dan berakhlak mulia.

 

Kepala Diskoperindag Kabupaten Pemalang Tri Setyawati SIP MSi menambahkan dalam rangka untuk mewujudkan visi Bupati Pemalang utamanya visi berdaya, pihaknya mengajak warga bersama-sama untuk mendukungnya yaitu mewujudkan Pasar

 

Paduraksa yang sehat dan bersih, aman serta nyaman dan berkeadilan. Seperti salah satunya petugas parkir untuk tetap menjaga keamanan lingkungan pasar utamanya menjaga  keamanan kendaraan.

 

Selain itu warga juga untuk ikut menjaga kebersihan jangan membuang sampah sembarangan. Sebab, untuk menjaga kebersihan harus dimulai dari sekarang pada diri masing-masing. Oleh karena itu baik pedagang maupun pembeli untuk ikut menciptakan pasar yang sehat dan bersih, aman, nyaman serta berkeadilan.

 

“Apalagi Kabupaten Pemalang ini sudah menjadi salah satu kabupaten yang akan dijadikan sebagai kabupaten sehat oleh Propinsi Jawa Tengah makanya mulai sekarang pasar itu harus bersih dan sehat. Sebab jika tidak maka saya yakin nanti tidak akan tercipta Pemalang yang sehat,” paparnya. (apt)
(Sumber : Radar Tegal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: